Kamis, 27 September 2012

Mau Beli Rumah Tapi Kepentok DP? Nih, Ada KPR Tanpa Uang Muka

Jakarta - Ingin memiliki sebuah rumah idaman namun terkendala Down Payment (DP) alias uang muka yang cukup besar? Nampaknya problem tersebut bisa terjawab sudah. 

Salah satu bank syariah tanah air yakni PT Bank Syariah Mandiri menawarkan layanan pembiayaan rumah dengan DP 0% atau tanpa DP. 

Produk yang bernama Pembiayaan Griya BSM DP 0% ini adalah KPR alias pembiayaan untuk pembelian rumah tinggal (konsumer), fasilitas ini untuk rumah baru maupun bekas di lingkungan developer maupun non developer tanpa dipersyaratkan adanya uang muka bagi nasabah (nilai pembiayaan 100% dari nilai taksasi).

Akad yang digunakan adalah akad murabahah. Akad murabahah adalah akad jual beli antara bank dan nasabah, dimana bank membeli barang yang dibutuhkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan keuntungan margin yang disepakati.

"Pembiayaan griya BSM DP 0% kini sudah ada dan masih berlangsung. Namun ada beberapa ketentuan khusus," terang staff Customer Care, Bank Syariah Mandiri, Vicky dalam perbincangannya dengan detikFinance, Kamis (9/8/2012).

Dijelaskan Vicky, ada beberapa ketentuan khusus bagi calon nasabah KPR tersebut. Diantaranya yakni kondisi rumah yang jadi bahan pertimbangan. 

"Misalnya saja rumahnya tidak berada di bawah kabel sutet (saluran udara tegangan tinggi). Kemudian lebar jalanan depan rumah harus 3,5 meter atau mampu dilalui 2 mobil dan tidak rawan bencana seperti banjir," paparnya.

Adapun, sang calon nasabah harus menggunakan payroll alias pembayaran gaji via Bank Syariah Mandiri.

Vicky juga menjelaskan margin ataupun bunga (jika di bank konvensional) yang terdiri atas tiga skema. Cicilan pembiayaan sekama 1-5 tahun marjinnya mencapai 12% efektif. Untuk 6-10 tahun besaran marjinnya 13%. "untuk 11-15 tahun marjinnya 14%," tegas Vicky.

Berikut fitur, persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk pembiayaan Griya BSM DP 0% ini.

Dikutip dari : Detik Finance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar